Kamis, 02 Juli 2009

Fasilitas FKPM Kalahkan Polsek


[ Metropolis, Jawa Pos, Rabu, 01 Juli 2009 ]

Fasilitas FKPM Kalahkan Polsek Di Perumahan Nirwana Ekslusif

FKPM di Surabaya benar-benar beragam. Ada yang masih tertatih-tatih melangkah, banyak yang sudah maju, bahkan ada yang sudah sangat ultramodern.

Salah satu yang paling modern adalah FKPM Nirwana Eksekutif. Meski berada di kompleks perumahan mewah (yang biasanya diasosiasikan dengan sikap individualistis), fasilitas, kegiatan, serta inventaris yang dimiliki mengalahkan polsek. Pos ronda diperbaiki dan fasilitas dilengkapi. Dengan dua unit komputer, satu locker penyimpan dokumen-dokumen, dan ruang tamu lapang outdoor, pos ronda tersebut lebih mirip kantor polisi mini.

Daftar inventarisnya belum semua. FKM tersebut mempunyai situs yang selalu di-update, yakni www.polmasnirwana.poldajatim.com. Juga mempunyai satu sepeda motor patroli. Hebatnya lagi, meski rata-rata anggotanya adalah orang berduit, yang berpatroli adalah anggota sendiri. Bukan membayar satpam untuk melakukannya. ''Namanya Pak Iswandi. Kami bersinergi dan bermitra dengan satpam perumahan, bukan majikan yang menyuruh-nyuruh,'' jelas Koordinator FKPM Nirwana Eksekutif Djoko Suwondo.

Selain itu, FKPM tersebut mempunyai satu speedboat dan satu kapal kayu sebagai inventaris. Hebatnya lagi, kedua kapal yang bernilai lebih dari Rp 100 juta tersebut merupakan swadaya dari FKPM. Kedua kapal itu memang dibuat untuk berpatroli di kawasan Mangrove Wonorejo. ''Masalah di sana kompleks,'' katanya.

Djoko menyebutkan, masalah utama di sana adalah pencurian tambak, pembalakan liar, hingga kerusakan lingkungan. ''Pernah ada warga Wonorejo yang besoknya panen bandeng, tapi malamnya sudah ludes. Diduga kuat dicuri oleh kapal-kapal dari luar daerah,'' tuturnya.

Untung, pemkot dan polisi pun cepat tanggap. Pemkot menetapkan mangrove sebagai kawasan konservasi. Polisi pun dalam waktu dekat mendirikan pos pantau. Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Bachrul Alam juga menjajaki kemungkinan untuk di-connect-kan dengan Ditpol Air Polda Jatim.

Ke depan, FKPM Nirwana Eksekutif bahkan menjadikan kawasan mangrove Wonorejo sebagai ekowisata, kawasan wisata. ''Siapa pun boleh masuk, tapi dengan catatan tak boleh melakukan pembalakan liar atau mengganggu keamanan,'' tegasnya. (ano/oni)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/metropolis/index.php?act=detail&nid=78067

Tidak ada komentar:

Posting Komentar