Jumat, 25 September 2009

Dari Luar; Polisi Jepang Kunjungi Polmas Terbaik Jakarta Barat

Menurut Aiptu Bakhrun,SH menuturkan kira-kira pukul 14.00 Wib siang ada telepon dari Kompol M.Yusuf, Kapolsek Metro Palmerah ada yang akan datang ke rumahnya di RW 04 Kelurahan Kemanggisan sebagai kantor Polmas. Dengan kondisi seperti ini saya tidak mempersiapkan apa-apa dan ternyata yang datang adalah Brigjen Polisi Suzuki Motoyuki, Senior Superintendent Nasional Police Agency of Japan yang diantar oleh perwira Polri dari Mabes Polri, Lalu saya keluarkan semua dokumen supaya saat ditanyakan saya bisa menjawab. Dalam kunjungan silahturahmi tersebut di Jepang ada yang namanya Goban yaitu Pospol dan kalau di rumah Chuzaisho atau Polmas. Saat ditanya apa yang sudah dilaksanakan oleh Polmas, sedangkan polisi Jepang (Chuzaisho/ Polmas) bertempat tinggal menangani kasus-kasus yang ada di sekitar untuk menyelesaikan masalah, melengkapi sampai menyalurkan masalah.
Setelah ditanyakan apa yang dilakukan, bagaimana caranya saya jelaskan. Jika kunjungan dicatat dengan memperlihatkan buku kunjungan ke warga, kalau termasuk masalah pemerintahan disalurkan ke RT/RW. Di bidang keamanan kalau bisa ditangani saya tangani, tetapi bila tidak bisa disalurkan ke pimpinan. Semua buku-buku, dokumen di foto. Ketika itu juga diperlihatkan buku problem solving yaitu penyelesaian suatu masalah sosial atau tindak pidana yang ancaman hukumannya kurang dari tiga bulan serta dibuatkan buku register laporan khusus yang isinya kronologis kejadian, apa langkah yang dilakukan dan apa hasilnya?. Begitu pula dengan administrasi lainnya baik absensi, foto-foto kegiatan dan lengkap sekali. Ketika ditanya dari mana fasilitas yang ada oleh Brigjen Pol Suzuki Motoyuki. Aiptu Bakhrun,SH mengatakan semua fasilitas dari komputer, printer, internet, HP, HT, scanner, cctv dan lainnya dibeli dari biayanya sendiri. Memang dari awalnya dia sangat mencintai tugas sebagai Polisi sedikit demi sedikit dibeli dimanfaatkan untuk menunjang tugas sehingga telah meraih prestasi juara I Polmas terbaik di Jakarta Barat tahun 2008 dan tahun 2009. Sedangkan tahun 2009 masuk lomba polmas terbaik di tingkat DKI Jakarta, namun belum ada kabarnya.
“Pada prinsipnya saya tak ambisi untuk juara pertama Polmas tingkat DKI Jakarta, tetapi dengan kelengkapan yang dikirim ke Polda Metro Jaya termasuk dokumen, inovasi membuat lagu dan film. Kalau ada yang lebih baik menjadi juara I bukan berarti saya berkecil hati, melainkan ingin belajar dan tahu-tahu datang kunjungan dari polisi Jepang,” ucapnya saat ditemui di kediamannya RW 04 Kelurahan Kemanggisan.
Dalam kondisi santai, masih kata Aiptu Bahkrun,SH, pada waktu itu saya belum mengetahui Suzuki Motoyuki, setelah mau berpamitan dia memberikan tiga buku yaitu ringkasan Goban dan Chzaisho di Jepang, ringkasan kegiatan masyarakat untuk mencegah kejahatan di Jepang dan panduan Petugas Polmas di PKPM. “ Ini suatu kebanggaan dengan kunjungan seorang Brigejen Polisi Jepang dan yang jelas saya tidak mengada-ada dan bekerja sesuai dengan Kep 737. Kehadiran beliau untuk mengetahui sejauhmana Polmas atau studi banding yang didampingi oleh Ketua RT/RW,” tandasnya.

Sumber: Blog rw4kemanggisan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar