Minggu, 03 Mei 2015

Survey Mangrove Surabaya

BLH Survey Kerusakan Mangrove Pesisir Surabaya


Tanam Mangrove 190415 Fa 2
Seorang nelayan memikul bambu sebagai tonggak tanaman mangrove di muara Wonorejo Surabaya, Jawa Timur, Minggu (19/4). ANTARA FOTO/Fiqih Arfani/
SURABAYA - Banyak lembaga konservasi ataupun lembaga yang peduli lingkungan menyatakan jika kawasan mangrove Surabaya rusak. Hal ini bukan sekadar pernyataan, sebab mereka juga membuktikannya dengan melakukan penelitian atau pengamatan.
Kini, sebagai upaya pencegahan kerusakan kawasan ekosistem mangrove di pesisir Kota Surabaya, Badan Lingkungan Hidup akan menggelar Survey Mangrove Kawasan Pantai Utara dan Timur Surabaya.
Mengetahui adanya tingkat kerusakan berdasarkan kriteria baku kerusakan mangrove, indeks nilai penting (INP) suatu jenis mangrove pada suatu lokasi pun diteliti. Dari survey tersebut akan dapat direncanakan upaya selanjutnya dalam pengelolaan kawasan ekosistem mangrove.
Untuk pelaksanaan survey sendiri akan dilakukan beberapa wilayah yang ada Surabaya antara lain wilayah Kecamatan Benowo, Asemrowo, Rungkut, Romokalisari, Tambak Langon, Greges dan Wonorejo.
Harapannya, dari tindakan survey itu akan bisa ditentukan langkah antisipatif untuk memerbaiki kerusakan tersebut. Masyarakat juga diimbau agar ikut menjaga kelestarian mangrove di pesisir Surabaya.


Centroone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar