Minggu, 07 Februari 2010

Arsip Beritajatim.com

Cegah Perampokan
Polisi Gelar Cerdas Cermat Antar Pembantu

Minggu, 07 Februari 2010 22:00:09 WIB
Reporter : Fakhrurrozi
Surabaya (beritajatim.com)
– Banyak jalan menuju Roma. Pepatah tersebut pantas disematkan kepada jajaran Polres Surabaya Timur. Polres yang dipimpin AKBP Samudi ini menggunakan berbagai cara untuk mengantisipasi tindak kriminalitas.

Tak hanya melalui penyuluhan dan sosialisasi. Polres Surabaya Timur juga menggadakan cerdas cermat antar pembantu rumah tangga dan satpam perumahan. Tujuannya untuk mencegah terjadinya pencurian dan perampokan pada rumah-rumah mewah.

"Selama ini kita telah melakukan penyuluhan kepada pemilik rumah, pembantu dan satpam. Tapi kenyataannya masih saja terjadi pembobolan dan perampokan rumah di kawasan Rungkut. Karena itulah, kali ini kita mengadakan cerdas cermat antar pembantu," ujar Samudi mendampingi Kapolwiltabes Surabaya Kombespol Ike Edwin di Taman Gazebo, Nirwana Eksekutif Blok CC, Surabaya, Minggu (7/2/2010).

Dalam kegiatan cerdas cermat yang diadakan bekerjasama dengan Forum Komunikasi Masyarakat dan Polisi (FKPM) Nirwana Eksekutif ini, diikuti pembantu dan satpam di lingkungan RW VI Wonorejo.

Cerdas cermat ini diikuti 8 kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri 3 orang, dua pembantu dan satu satpam.

"Materi pertanyaan dalam cerdas cermat ini seputar kamtibmas. Kita ingin tahu bagaimana perilaku seorang pembantu bila kedatangan tamu yang tak dikenalnya dan lainnya," kata Samudi.

Salah satu pertanyaan adalah bagaimana bila pembantu kedatangan seorang pria yang tak dikenal. “Bila ada tamu yang tak dikenal, saya akan Tanya cari siapa dan keperluannya apa. Tapi jangan dekat-dekat orangnya, takutnya kena gendam,” kata salah seorang peserta yang disambut gerr oleh masyarakat sekitar yang melihat cerdas cermat ini.

Selain materi pertanyaan, pembantu dan satpam ini dites cara memadamkan kebakaran. Di akhir acara, Samudi memberikan nomer HP-nya kepada pembantu dan satpam agar bila mencurigai seseorang langsung menelpon.[roz/ted]



Sumber: Beritajatim.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar