Kamis, 19 Agustus 2010

Kawasan Ekowisata Pamurbaya Dipersoalkan

Senin, 16/08/2010 17:22 WIB
Kawasan Ekowisata Pamurbaya Dipersoalkan
Budi Sugiharto - detikSurabaya

Kawasan Pamurbaya/Wawan 

Surabaya - Hutan mangrove di Wonorejo, Rungkut yang dijadikan sebagai kawasan ekowisata mendapat sorotan. Keberadaan gazebo di Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) itu dinilai telah melanggar garis sempadan pantai, kawasan lindung dan prinsip ekologi.

"Sebaiknya harus dibongkar," tegas Wawan Some, aktivitas Dewan Kota Surabaya saat bincang-bincang detiksurabaya.com, Senin (16/8/2010).

Menurut Wawan, apapun fungsinya gazebo yang menjorok ke tengah laut tersebut aturannya tidak boleh menghadang pertumbuhan mangrove. "Pertumbuhan mangrove justru ke arah laut. Dan ini akan menghambat pertumbuhan vegetasi mangrove alami," tandasnya.

Dan yang menherankan, kata Wawan, saat ini sedang dibangun lagi sebuah gazebo di sisi selatan gazebo pertama. Pembangunan ini tambah dia, mesti dicermati sebagai kegiatan yang mengancam ekosistem di Pamurbaya. Apabila fungsi gazebo untuk pemantauan maling kayu, mestinya lebih bijak jika melibatkan para penunggu tambak dalam pengawasan di Pamurbaya, tambahnya.

"Yang ada di Pamurbaya saat ini bukan ekowisata tetapi wisata alam. Dan wisata alam tidak dibenarkan di ekosistem hutan mangrove," jelasnya.

Wawan yang juga aktif di Komunitas Nol Sampah, menyatakan hutan mangrove di Wonorejo yang dijadikan ekowisata itu terlalu terburu-buru. "Terlalu prematur kalau harus mengekploitasi Pamurbaya. Karena konsepnya pengembangannya tidak jelas," katanya.

Ke depan, Wawan meminta agar Pemerintahan Kota (Pemkot) Surabaya duduk bersama dengan para stakeholder yang terlibat dengan pengembangan Pamurbaya. "Sebaiknya pemkot mengambilalih kawasan itu. Semua diajak duduk bersama mencari format yang tepat untuk Pamurbaya," terangnya.

Kalau memang fungsi gazebo untuk pemantauan maling kayu, kan tidak harus ada gazebo. Mestinya para penunggu tambak yang dilibatkan dan diajak peran. Kalau bicara wisata, itu bukan ekowisata. Itu wisata alam, kalau wisata alam tidak boleh berwisata ke mangrove.

Perlu diketahui untuk menuju ke kawasan Pamurbaya, dari Bozem Wonorejo dilanjutkan menumpang perahu ke ekowisata hutan mangrove. Di hutan mangrove tersebut terdapat gazebo Pos Pantau Mangrove yang biasanya digunakan untuk istirahat sambil menikmati pemandangan mangrove yang ditanam Kelompok Tani Mangrove Wonorejo itu. (gik/gik)


Sumber: detikcom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar