Sabtu, 01 Mei 2010

Tulisan dari Blog SMU Muhammadiyah 6

BERWISATA KE MANGROVE WONOREJO

Pagi itu terasa berbeda dalam pembelajaran siswa kelas IV-B SD Muhammadiyah 6 Gadung. Biasanya kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di ruang tertutup dengan penyejuk Air Conditioning atau AC, dan yang terlihatpun tidak lebih dari benda-benda mati berupa buku, tas, dan beberapa alat peraga atau kreatifitas siswa yang dipajang di sudut-sudut dinding.

Tetapi sangat berbeda untuk kali ini, buku, pensil, papan tulis dan beberapa alat peraga tidak tampak lagi didepan mata, yang tampak hanyalah indahnya alam pesisir pantai yang dihiasi rimbunnya tetumbuhan indah nan menarik, menyebabkan mata tidak ingin segera beranjak untuk terus menikmatinya, suasana sejuk dipadu semilir angin segar dapat dirasakan secara langsung oleh ke 28 siswa itu, ratusan burung bangau putih yang terbang bebas di angkasa begitu tampak jelas menghiasi indahnya objek wisata yang baru diresmikan tiga tahun yang lalu itu.

Yah . . , itulah salah satu daerah wisata kebanggaan Kota Surabaya yang sangat menarik untuk dikunjugi akhir-akhir ini, Wisata Mangrove Wonorejo namanya, daerah wisata yang terletak di ujung timur kota Surabaya.

Wisata alam yang kini pengelolaannya dipegang oleh Lembaga Ekowisata Wonorejo, Forum Komunikasi Polisi Masyarakat (FKPM) Kecamatan Rungkut itu menjadi daya tarik bagi guru kelas IV-B, Bapak Imam Masyhuri untuk melaksanakan pembelajarannya di lokasi wisata pesisir laut yang dihiasi dengan tumbuhan bakau tersebut. Selain berwisata, siswa juga dikenalkan secara langsung ekosistem, lingkungan pantai, dan konservasi alam serta kegiatan ekonomi yang dapat dilakukan oleh masyarakat sekitar wilayah tersebut.

Pembelajaran yang dilaksanakan tanggal 22 April 2010 itu membawa keceriaan tersendiri bagi siswa kelas IV yang tidak lama lagi akan menjadi siswa kelas V, salah satunya adalah Zita, ia begitu terkesan dengan lingkungan wisata itu, “ Subhanallah, selain dapat menikmati segarnya hawa pesisir, saya juga bisa berkeliling menyusuri pantai berhutan bakau, pokoknya bagus dech“, ungkap siswa yang memperoleh peringkat 5 pada kegiatan evaluasi / TTS 2 minggu yang lalu..(har)

Sumber: sdmuh6gadung-sby

Tidak ada komentar:

Posting Komentar