Selasa, 13 April 2010

Tiga Pelaku Pembalakan Liar Diamankan

Selasa, 13/04/2010 16:33 WIB

Imam Wahyudiyanta - detikSurabaya

Surabaya - Tanda tanya di balik hilangnya puluhan batang pohon mangrove di ekowisata mangrove Wonorejo terjawab sudah. 3 Orang yang melakukan pembalakan liar terhadap mangrove diamankan oleh anggota Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Nirwana Eksekutif.

Mereka yakni Minto (55), M. Arif (32) dan Sutaman (39), ketiganya warga Candi, Sidoarjo. Sayangnya, 2 teman pelaku yakni MN dan TR berhasil kabur.

"Memang warga sudah mencurigai beberapa orang yang berpura-pura mencari ikan," ujar Kapolsek Rungkut, AKP Naufil Hartono, kepada wartawan di lokasi, Selasa (13/4/2010).

Naufil mengaku bahwa para pelaku yang adalah nelayan itu memang menggunakan modus berpura-pura mencari ikan. Anggota FKPM pun dapat menangkap mereka juga dengan berpura-pura mencari ikan. Karena jika tidak, pasti para pelaku akan kabur seperti beberapa hari yang lalu.

"Kayu mangrove itu mereka tebang dahulu kemudian besoknya diangkut menggunakan perahu," tambah Naufil.

Setelah tertangkap,para pelaku segera diserahkan ke Polsek Rungkut untuk diproses hukum. Dari mereka, petugas menyita 3 buah gergaji dan belasan batang kayu mangrove. "Dua pelaku lainnya masih kita kejar," tandas Naufil.
(iwd/fat)

Sumber: detik surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar