Selasa, 13 April 2010

Menyamar Jadi Pemulung Tangkap Pembalak Mangrove

13 April 2010, 18:30:39| Laporan Eddy Prastyo

suarasurabaya.net| Penangkapan para pembalak kayu Mangrove di hutan Mangrove Wonorejo, Selasa (13/04) sukses dilakukan karena kerjasama yang cantik antara anggota Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Rungkut dan kepolisian.

Operasi penangkapan komplotan pembalak liar di hutan Mangrove ini sebenarnya sudah dirancang lama. Keberadaan mereka sudah terdeteksi sejak beberapa tahun lalu. Namun tidak pernah sekalipun aksi mereka bisa dihentikan karena terkendala transportasi air.

“Mereka menggunakan perahu motor yang cepat, kita tidak bisa mengejar,” kata djoko suwondo Ketua FKPM Rungkut.

Untuk menangkap para pembalak yang diduga jumlahnya mencapai lebih dari 4 kelompok di Hutan Wonorejo ini, kata djoko, dua minggu terakhir para anggota FKPM menyusun strategi aparat reskrim. “Kita tempatkan petani tambak yang jadi anggota kita sebagai pemulung dan pencari kepiting. Hasilnya Alhamdulillah, kita bisa memantau aktivitas mereka dari dekat,” kata dia.

Saat akan diringkus dua minggu lalu, kata djoko, para pembalak ini ternyata melawan. Khawatir terjadi apa-apa, warga pun mengalah namun tetap mengawasi mereka. Barulah Selasa (13/04) ditemukan momentum tepat. Bekerjasama dengan Muspida setempat, komplotan ini berhasil ditangkap.

Menurut djoko, pelibatan warga yang dulunya pernah menjadi pembalak di hutan mangrove Wonorejo ternyata sangat efektif. “Seperti Pak FATHONI itu, dulunya ya pembalak mangrove. Tapi sekarang dia malah menjadi pelopor ekowisata Mangrove dan menjaga kelestarian Mangrove di sana,” paparnya.(edy)

Teks Foto :
- Anggota FKPM Rungkut memperlihatkan barang bukti hasil jarahan pembalak liar di hutan mangrove Wonorejo.
Foto : EDDY suarasurabaya.net

Sumber: Suara Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar